Materi Robomind
ROBOMIND
robomind merupakan sebuah program aplikasi atau perngkat lunak yang digunakan untuk edukasi (pendidikan) dan melakukan pelatihan dasar untuk pemrograman komputer. RoboMind tersedia sebagai aplikasi yang berdiri sendiri untuk Windows, Linux dan Mac OS X. Penggunaannya adalah gratis untuk tujuan pribadi dan pendidikan. Meskipun apa yang menyangkal di situs resmi, ini bukan sebuah perangkat lunak bebas atau open source. Lisensi RoboMind memiliki beberapa keterbatasan, terutama mengenai penggunaan komersial dan redistribusi. Ini pertama kali dirilis pada tahun 2005 dan pada awalnya dikembangkan oleh Arvid Halma, seorang mahasiswa dari University of Amsterdam pada waktu itu. Sejak 2011 RoboMind diterbitkan oleh Kitchen Penelitian.
cara menginstalasi robomind = dapat diunduh melalui situs resminya yaitu https://www.robomnd.net/en/download.html. Pada laman tersebut terdapat berbagai versi yaitu versi 7.0, 6.0 dan 5.3. Selain itu ada juga veris untuk sistem operasi LIinux dan Max OS. Untuk mengunduhnya, klik tombol pada kolom Download
Panel panel pada robomind
Script panel
Di area teks ini kamu dapat menuliskan tugas kamu dalam bentuk skrip yang robot akan tampil.
World panel
Disini kamu melihat keadaan saat ini robot dalam lingkungannya. Karena ini adalah seluruh lingkungan di mana robot hidup, kita hanya akan menyebutnya dunia.
Run panel
Setelah memutuskan scriptnya, di sini kamu dapat membiarkan robot memulai (atau berhenti). Ini juga mungkin untuk menyesuaikan kecepatan di mana robot beroperasi.
Message panel
Dalam kasus script yang aneh, Kamu akan menerima kesalahan kompilasi di sini. Ini juga merupakan tempat di mana robot dapat memberitahukan peristiwa-peristiwa tertentu.
Menu menu pada robomind
- Menu File Robomind
- New :Membuka lembar kerja baru
- Open : Membuka program Robomind yang sudah pernah dibuat
- Save : Menyimpan program
- Save as : Menyimpan kembali program dengan nama yang lain
- Translate Script : Menerjemahkan bahasa
- Open Map : Memilih peta yang tersedia pada Robomind
- Setting : Mengatur program Robomind
- Menu Edit Robomind
- Undo : Kembali ke aksi sebelumnya
- Redo : Kembali ke aksi yang sudah di undo
- Cut : Memotong
- Copy : Menggandakan
- Paste : Menyalin
- Select all : Memilih semua
- Insert : Memasukkan perintah – perintah
- Find : Mencari
- Find next : Mencari selanjutnya
- Replace : Mengganti
- Menu View Robomind
- Zoom in : untuk mengecilkan layar peta
- Zoom out : untuk membesarkan layar peta
- Show grid : untuk menampilkan garis – garis
- Show radar : untuk menampilkan arahan letak robot dan peta
- Track robot : untuk menampilkan track robot
- Create screen dump
- Menu Run Robomind
- Execute : untuk menjalankan program
- Step : untuk mengakhirkan program
- Pause : untuk menghentikan sementara
- Stop : untuk memberhentikan program
- Menu Help RoboMind
- Help Topic : Petunjuk tentang topik yang ada di RoboMind
- RoboMind Online: Menuju website http://www.robomind.net/
- About roboMind : Informasi tentang RoboMind (versi, pembuat, tahun pembuatan, website Robomind
- forward(n) : Memindahkan n langkah maju
- backward(n): Memindahkan n langkah mundur
- left() : Membelokkan ke kiri 90 derajat
- right() : Membelokkan ke kanan 90 derajat
- north(n) : Membelokkan ke utara, lalu bergerak maju nlangkah
- south(n) : Membelokkan ke selatan, lalu bergerak maju nlangkah
- west(n) : Membelokkan ke barat, lalu bergerak maju nlangkah
- east(n) : Membelokkan ke timur, lalu bergerak maju nlangkah
Robot juga bisa disuruh mewarnai path yang dilalui, dengan perintah berikut ini:
- paintWhite() : Mewarnai dengan warna putih pada path
- paintBlack() : Mewarnai dengan warna hitam pada path
- stopPainting() : Menyuruh robot berhenti mewarnai
Selain mewarnai path yang dilalui, si robot juga bisa disuruh mengambil obyek dan meletakkannya kembali. Berikut ini beberapa perintah untuk melakukan hal tersebut:
- pickUp() : Mengambil obyek yang ada di depannya
- putDown() : Meletakkan obyek di depannya
- Remote control :
- Panah ke atas : untuk mengarahkan robot ke depan / maju
- Panah ke bawah : untuk mengarahkan robot ke belakang / mundur
- Panah ke kanan : untuk mengarahkan robot ke kanan
- Panah ke kiri : untuk mengarahkan robot ke kiri
- Reset : untuk mengembalikkan ke tempat semula
- membuat program agar robot mengikuti jalan labirin, sambil mengecat jalannya berwarna putih
Skripnya seperti berikut :
paintWhite()
forward(1)
forward(1)
forward(1)
forward(1)
right()
forward(1)
forward(1)
forward(1)
forward(1)
right()
forward(1)
forward(1)
left()
forward(1)
forward(1)
forward(1)
forward(1)
forward(1)
left()
forward(1)
forward(1)
left()
forward(1)
forward(1)
right()
forward(1)
forward(1)
left()
forward(1)
forward(1)
forward(1)
forward(1)
forward(1)
forward(1)
forward(1)
forward(1)
forward(1)
right()
forward(1)
forward(1)
right()
forward(1)
forward(1)
forward(1)
forward(1)
forward(1)
left()
forward(1)
forward(1)
forward(1)
forward(1)
right()
forward(1)
forward(1)
forward(1)
forward(1)
forward(1)
forward(1)
forward(1)
forward(1)
forward(1)
right()
forward(1)
forward(1)
left()
forward(1)
forward(1)
left()
forward(1)
forward(1)
right()
forward(1)
pickUp()
forward(1)
left()
left()
putDown()
Komentar
Posting Komentar